Arkeolog Temukan Ini di Pulau Basing

Juli 14, 2018

Video ini pernah tayang di TVRI Nasional, 14 Juli 2018 ||

Kajian Perlindungan Pulau Basing

Tak banyak yang tahu, Pulau Basing di Kota Tanjungpinang, Provinsi Kepulauan Riau, ternyata memiliki potensi sejarah dan tinggalan arkeologis terkait dengan peninggalan Kerajaan Melayu Riau Lingga.

Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Sumatera Barat yang memiliki wilayah kerja Provinsi Sumatera Barat, Riau dan Kepulauan Riau, pertengahan Mei silam, telah melaksanakan Kajian Pelindungan terkait potensi situs Cagar Budaya yang terdapat di salah satu wilayah kerjanya, Provinsi Kepulauan Riau, itu.

Kajian Pelindungan ini bertujuan untuk menentukan keluasan delineasi dan zonasi keruangan Pulau Basing yang sesuai dengan paradigma pelestarian Cagar Budaya berdasarkan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2010 tentang Cagar Budaya

Menarik, pada sisi Timur Laut pulau yang berluas sekitar 18,05 hektar ini ditemukan tinggalan bersejarah berupa: talud kuno, struktur penahan tanah, pondasi bangunan, serakan komponen pembentuk struktur bangunan seperti fragmen lantai terakota, serakan pecahan bata, serta sisa artefaktual berupa pecahan keramik, botol, gerabah serta serpihan-serpihan peninggalan artifisial lain.

Dominan terlihat berupa struktur penahan tanah yang tersusun dari batuan karang dan batuan laterit. Melihat teknik pemasangan batuan struktur, berkesan tidak meninggalkan aspek estetika.

Batu disusun secara horizontal dan diagonal, pemasangan secara diagonal ini memperlihatkan ketertarikan batu yang saling topang untuk kekuatan. Sehingga wajar saja, pembangunan yang telah mempertimbangkan keakuratan teknis sebegitu detail pada masanya membuat struktur tersebut masih mampu berdiri hingga kini.

Kegiatan Kajian Pelindungan ini juga menerapkan metoda test pit excavation sebagai pembuktian arkeologis. Penggalian dilakukan di beberapa titik yang tersebar pada masing-masing landaian.

Potensi historis dan arkeologis terhadap jejak kehidupan masa lalu yang terdapat di Pulau Basing tentunya dapat menjadi pembelajaran masa lalu untuk dimafhumi dan dimaknai bagi generasi kini.

Indonesia sejatinya memang amat kaya dalam hal kebudayaan. Nusantara adalah sebuah peradaban besar yang lahir dari detak-jejak kehidupan manusia Indonesia dari masa ke masa. Negeri ini bernyawa lantaran kekhasan-kekhasan nilai budaya maupun tinggalan benda dari setiap periodesasi perjalanan sejarah. Untuk itu, mari kunjungi, lindungi, lestarikanlah Cagar Budaya!

Video Pulau Basing

Leave a Reply:

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.